Artikel Piramida Teknologi Informasi

ARTIKEL

Manfaat Sistem Manajemen Vendor

Manajemen vendor memungkinkan Anda untuk membangun hubungan dengan pemasok dan penyedia layanan Anda yang akan memperkuat kedua bisnis. Manajemen vendor tidak menegosiasikan harga serendah mungkin, tetapi terus-menerus bekerja dengan vendor Anda untuk mencapai kesepakatan yang akan saling menguntungkan kedua perusahaan.

01. Bagikan Informasi dan Prioritas

Kunci untuk berhasil dalam manajemen vendor adalah berbagi informasi dan prioritas dengan vendor Anda. Itu tidak berarti bahwa Anda membuka buku-buku akuntansi dan memberi mereka ID pengguna dan kata sandi ke sistem Anda.

Praktik manajemen vendor yang tepat hanya menyediakan informasi yang diperlukan pada waktu yang tepat untuk memungkinkan vendor melayani kebutuhan Anda dengan lebih baik. Ini mungkin termasuk informasi perkiraan terbatas, peluncuran produk baru, perubahan desain dan ekspansi atau perubahan relokasi.

 

02. Keseimbangan Komitmen dan Persaingan

Salah satu tujuan manajemen vendor adalah untuk mendapatkan komitmen vendor Anda untuk membantu dan mendukung operasi bisnis Anda. Di sisi lain, vendor mengharapkan tingkat komitmen tertentu dari Anda. Itu tidak berarti bahwa Anda harus secara buta menerima harga yang mereka berikan. Selalu dapatkan tawaran kompetitif.

 

03. Izinkan Vendor Utama untuk Membantu Anda Membuat Strategi

Jika vendor memasok bagian penting atau layanan untuk operasi Anda, undang vendor itu ke pertemuan strategis yang melibatkan produk yang dikerjakan dengan mereka. Ingat, Anda membawa vendor karena mereka dapat membuat produk atau layanan lebih baik dan / atau lebih murah daripada yang Anda bisa. Mereka adalah ahli di bidang itu, dan Anda dapat memanfaatkan keahlian itu untuk mendapatkan keunggulan kompetitif.

 

04. Membangun Kemitraan untuk Jangka Panjang

Manajemen vendor memprioritaskan hubungan jangka panjang dibandingkan keuntungan jangka pendek dan penghematan biaya marjinal. Terus-menerus mengubah vendor untuk menghemat satu sen di sini atau di sana akan membutuhkan lebih banyak uang dalam jangka panjang dan akan berdampak pada kualitas. Manfaat lain dari hubungan jangka panjang termasuk kepercayaan, perlakuan istimewa dan akses ke pengetahuan orang dalam atau ahli.

 

05. Berusaha Memahami Bisnis Vendor Anda Juga

Ingat, vendor Anda dalam bisnis untuk menghasilkan uang juga. Jika Anda terus-menerus bersandar pada mereka untuk memangkas biaya, kualitas akan berkurang, atau mereka akan gulung tikar. Bagian dari manajemen vendor adalah untuk memberikan kontribusi pengetahuan atau sumber daya yang dapat membantu vendor melayani Anda dengan lebih baik. Mengajukan pertanyaan dari vendor Anda akan membantu Anda memahami sisi bisnis mereka dan membangun hubungan yang lebih baik antara Anda berdua.

 

06. Bernegosiasi untuk Perjanjian Menang-Menang

Manajemen vendor yang baik menentukan bahwa negosiasi diselesaikan dengan itikad baik. Cari poin negosiasi yang dapat membantu kedua belah pihak mencapai tujuan mereka. Taktik negosiasi yang kuat hanya akan berhasil begitu lama sebelum salah satu pihak meninggalkan kesepakatan.

 

07. Datang Bersama dalam Value

Manajemen vendor lebih dari sekadar mendapatkan harga terendah. Paling sering harga terendah juga membawa kualitas terendah. Manajemen vendor akan memfokuskan kualitas untuk uang yang dibayarkan. Dengan kata lain: Value! Anda harus bersedia membayar lebih untuk menerima kualitas yang lebih baik. Jika vendor serius tentang kualitas yang mereka berikan, mereka tidak akan memiliki masalah menentukan detail kualitas dalam kontrak.

 

08. Praktik Terbaik Manajemen Vendor

Meskipun Anda adalah perusahaan bernilai jutaan dolar atau bisnis kecil dengan sedikit karyawan, praktik terbaik manajemen vendor dapat digunakan oleh bisnis ukuran apa pun.

 

Referensi:

Alih Bahasa: https://www.thebalancesmb.com/vendor-management-success-tips-2533810

Foto: pexels.com